Mari mengenal Bottleneck! 

 Menurut Wikipedia

 Bottleneck adalah satu proses dalam rantai proses, sehingga kapasitasnya yang terbatas mengurangi kapasitas seluruh rantai. Hasil dari kemacetan adalah kios-kios dalam produksi, kelebihan persediaan, tekanan dari pelanggan, dan rendahnya semangat kerja karyawan. 


VIDEO] Improving Flow With Bottleneck Analysis |

 

Bottleneck jika diartikan secara bebas adalah leher botol. Jika diartikan secara ‘kasar’, artinya adalah penyempitan jalur. Lihat saja botol, bagian yang besar di bawah lalu mengecil pada lubang atas akan memperlambat cairan atau benda lain yang ada didalam botol untuk keluar.

sedangkan dalam Dunia perKomputeran, Bottleneck memiliki arti atau konteks yang hampir sama dengan yang di atas, hanya saja lebih spesifik untuk perangkat Komputer (Terutama dalam keseimbangan antar Hardware Komputer).

  Bottleneck adalah kondisi dimana performa atau kemampuan dari sebuah sistem (dalam hal ini PC), terhambat oleh sebuah komponen yang tidak relevan dengan komponen lainnya.

CPU and GPU Bottleneck: A Detailed Guide to Bottlenecking in 2019

Bottleneck Sendiri memiliki banyak pengertian, tergantung kita merujuk pada hal apa atau Konteks apa itu ! Disini Kita akan membahas Bottleneck pada bidang PerKomputer an. 

 

Pada Komputer Umumnya kita akan lebih fokus ke komponen yang dianggap sebagai yang krusial menentukan performa, seperti prosesor, RAM, dan graphics card. Dengan memilih prosesor, RAM, dan graphics card kencang, biasanya kita akan berpikir bahwa PC yang kita miliki sudah bebas dari “bottleneck” serta akan menawarkan performa yang tinggi.

Namun, banyak di antara kita yang tidak sadar kalau ada komponen lain yang rupanya bisa menghambat performa, menjadi bottleneck, di PC dengan prosesor, RAM, dan graphics card kencang, yaitu storage yang lambat.

 

Point-Point Bottleneck pada Komputer pada Umumnya

1. Bottleneck pada Pemilihan Processor atau CPU.

Bottleneck CPU atau Processor adalah kondisi ketika CPU tidak mampu berjalan dengan selaras dengan komponen lain (biasanya dengan GPU/VGA) pada saat menjalankan skenario tugas tertentu.

2. Bottleneck pada VGA.

VGA Bottleneck adalah kondisi ketika VGA tidak bisa bekerja dengan kemampuan maksimalnya pada tugas-tugas tertentu, ketika dipasang dengan CPU yang pelan.


Bottleneck Dapat juga dikarenakan perangkat keluaran (output) tidak dapat mengimbangi kinerja perangkat pemrosesan sehingga memperlambat kerja system secara keseluruhan. Pengertian Bottleneck secara harfiah dapat diartikan sebagai sumbatan leher botol.